menu melayang

09 Maret 2023

Ssssttt.... Rahasia Malam Jumat

Ssssttt……. Malam Jumat nih sekarang, Mau ngapain ya kita?

Malam jum’at pastinya malam yang istimewa, Mengingat pada perhitungan waktu islam, setelah tenggelamnya matahari sore di hari kamis, Maka pada malam harinya itu sudah masuk hari jum’at. Pasti sahabat Masjid EL-Tasnim sudah pada tau kan soal Keutamaan Hari Jum’at yang sebelumnya pernah dijelaskan disini.

Ssssttt.... Rahasia Malam Jumat

Kali ini kita coba bahas tentang Rahasia Keistimewaan Malam Jum’at dari beberapa hadis yang berhasil dikumpulkan, diantaranya :

  1. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Yang terbaik dari hari-hari kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu, Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan dari surga.” (HR. Muslim)
  2. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah kalian meninggalkan shalat Jumat kecuali karena suatu hal yang darurat. Kecuali jika seseorang keluar karena suatu keperluan, maka dia berada dalam naungan Allah sampai dia kembali.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  3. Dari Abdullah bin Umar, Rasulullah SAW bersabda, “Jika kalian mendengar adzan untuk shalat Jumat, maka bersegeralah menuju kepada dzikirullah dan tinggalkanlah jual beli.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)
  4. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat, lalu memakai minyak wangi jika ada, kemudian berangkat ke masjid, dia tidak melakukan kesalahan (dosa) sebesar kuku kaki manusia dan dia akan mendapatkan pahala seperti orang yang berpuasa dan shalat malam selama satu tahun penuh.” (HR. Al-Bukhari)
  5. Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda, “Setiap orang muslim yang meninggal pada malam Jumat atau pada hari Jumat, maka Allah akan melindunginya dari siksa kubur.” (HR. Ahmad)

Itulah beberapa hadis tentang keistimewaan malam Jumat. Sebagai seorang muslim, kita sebaiknya memperbanyak amalan di malam dan hari Jumat serta tidak melewatkan shalat Jumat kecuali dalam kondisi yang darurat.

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel