menu melayang

03 Maret 2023

Ada Apa Dengan Hari Jum'at ?

Awalilah Jumatmu
Dengan Semangat Baru
Hari jumat, hari raya
Semua bergembira
Mandi pagi…mandi pagi…
Sikat bersih…sikat bersih…

Mungkin sahabat Masjid EL-Tasnim bertanya-tanya quote diatas itu apa? Ada yang bisa tebak?

Quote diatas itu adalah lirik lagu dari Nussa & Rarra yang judulnya “Jum’at Hari Raya” Yuk kita simak bareng-bareng ya :

Dalam Islam, terdapat beberapa keutamaan yang terkait dengan hari Jumat:

  1. Hari Jumat merupakan hari yang paling utama dan mulia di antara hari-hari yang lain. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya hari yang paling utama bagi kalian adalah hari Jumat. Pada hari itu Adam diciptakan, pada hari itu dia dimasukkan ke dalam Surga, dan pada hari itu pula dia dikeluarkan dari Surga.” (HR. Muslim)
  2. Sholat Jumat merupakan ibadah yang wajib dilakukan bagi kaum laki-laki dewasa. Sholat Jumat dilakukan pada waktu sholat zuhur dan diikuti dengan khutbah oleh seorang khatib.
  3. Selain sholat Jumat, dianjurkan untuk membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Imam Muslim, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca surat Al-Kahfi pada hari Jumat, maka akan menerangi baginya antara dua Jumat.”
  4. Hari Jumat juga merupakan waktu yang mustajab untuk berdoa. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Tidak ada seorang muslim pun yang berdoa pada hari Jumat di antara waktu sholat Jumat hingga selesai khutbah, kecuali Allah akan memberinya apa yang dia minta.” (HR. Bukhari dan Muslim)
  5. Pada hari Jumat, dianjurkan untuk memperbanyak membaca sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini didasarkan pada hadis yang diriwayatkan oleh Abdullah bin Amr, bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Barangsiapa yang membaca sholawat kepadaku satu kali, maka Allah akan membalasnya dengan sepuluh kebaikan.” (HR. Muslim)
Ada apa dengan hari jum'at

Sudah faham kan tentang beberapa keutamaan hari Jum’at dalam Islam, Semoga sahabat Masjid EL-Tasnim dapat mengamalkannya dan jangan lupa juga bentar lagi kita memasuki bulan Ramadan , Yuk kita siapkan dengan sebaik-baiknya.

Salam Jum’at Berkah

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel