menu melayang

09 Maret 2023

Fiqih Puasa Bagi Wanita

Assalamualikum sahabat Masjid EL-Tasnim, Makin dekat bulan Ramadan hanya tinggal sekitar 13 hari lagi, Bagaimana persiapannya?

Insya Allah di Masjid EL-Tasnim akan diadakan kajian islam dengan tema “FIQIH PUASA BAGI WANITA“. Fiqih puasa bagi wanita adalah kajian tentang aturan-aturan yang harus dipatuhi oleh wanita muslim dalam menjalankan ibadah puasa. Puasa merupakan salah satu rukun Islam yang wajib dilaksanakan oleh setiap muslim yang telah mencapai usia pubertas dan mampu melakukannya. Namun, ada beberapa kondisi khusus yang mempengaruhi puasa bagi wanita, seperti haid, nifas, hamil, dan menyusui.

Fiqih Puasa Bagi Wanita


Fiqih puasa bagi wanita membahas tentang hukum-hukum yang berlaku untuk wanita muslim dalam menjalankan ibadah puasa, baik secara individu maupun di dalam masyarakat. Hal ini meliputi hukum tentang kondisi-kondisi khusus yang mempengaruhi puasa, seperti haid, nifas, hamil, dan menyusui. Selain itu, fiqih puasa bagi wanita juga membahas tentang pengganti puasa, jika wanita tidak dapat menjalankan puasa karena kondisi kesehatan atau kehamilan.

Fiqih puasa bagi wanita juga mencakup etika dan tata cara menjalankan puasa yang benar, seperti menghindari makanan dan minuman serta perilaku yang tidak pantas selama berpuasa. Fiqih puasa bagi wanita juga membahas tentang tata cara membayar fidyah atau pengganti puasa jika wanita tidak dapat menjalankan puasa karena alasan tertentu.

Dalam keseluruhan fiqih puasa bagi wanita, terdapat prinsip-prinsip penting yang harus dipegang teguh, yaitu menjaga kesehatan dan keselamatan diri sendiri dan bayi yang dikandung atau disusui, menjaga akhlak dan etika dalam berpuasa serta menjalankan ibadah puasa dengan penuh rasa ikhlas dan kesadaran akan kewajiban sebagai seorang muslim.

Nah cukup seru kan sedikit penjelasan tentang “FIQIH PUASA BAGI WANITA“, Biar makin detail dan faham tentang materinya, Ayo merapat ke Masjid EL-Tasnim pada hari :

🗓 Ahad, 12 Maret 2023
🕰 13.30 Siang – Selesai
🕌 Masjid El-Tasnim, Bojong Rangkas, RT.02 RW.09

Blog Post

Related Post

Back to Top

Cari Artikel